5 Kelebihan Daihatsu Sirion 2018

Daihatsu Sirion akhirnya berganti generasi Selasa (13/02) kemarin. Banyak hal baru, itu pasti. Tapi tahukah Anda, mobil ini desain asli Malaysia tanpa campur tangan Daihatsu? Simak kelebihan pesaing Nissan March ini.

Mesin Toyota

Mesin sama seperti Avanza-Xenia

Generasi Sirion sebelumnya menggunakan mesin empat silinder 1,3 liter buatan Daihatsu, dengan kode K3. Karena Daihatsu resmi ada di bawah payung usaha Toyota Group, dan Perodua adalah rekanan Daihatsu, maka mereka berhak meminta induknya untuk menyediakan mesin. Jadilah mesin Toyota 1NR-VE berkapasitas 1,3 liter tersemat di balik kap mesin Sirion baru.

Dibekali pengaturan katup dan pengapian Dual VVT-I, tenaganya naik lima angka menjadi 95 PS. Transmisi yang bertugas meneruskan daya tidak diubah, masih tetap dengan pilihan 5-speed manual ataupun 4-speed otomatis.

Kabin Lebih Besar

fitur ISOFIX d kursi belakang

Untuk pertama kalinya, platform yang digunakan Daihatsu Sirion 2018 berbeda dengan Daihatsu Boon/Toyota Paso di Jepang. Insinyur Perodua diberikan kebebasan untuk mengembangkan yang baru, dengan dasar platform sebelumnya. Platfrom ini memungkinkan Sirion untuk memiliki dimensi yang lebih besar. Karena itu, insinyur Perodua bisa leluasa mengatur kabin agar terasa lebih lega.

Apalagi jarak sumbu roda juga bisa diperbesar menjadi 2,5 meter. Hasilnya, kabin Sirion terasa lebih lega dibanding sebelumnya, plus kapasitas bagasi kini menjadi 277 liter, dengan kursi belakang ditegakkan.

Desain Sesuai Selera Kawasan

Sirion pakai mesin xenia

Karena insinyur Perodua punya kebebasan mendesain Sirion 2018, hasilnya mobil hatchback yang seleranya disesuaikan dengan pasar di kawasan ini. Karena itu, jangan heran kalau Anda merasa ada ‘aura’ Daihatsu Ayla. Selain itu, untuk pertama kalinya juga Perodua mendesain sendiri bentuk produknya, tanpa ada campur tangan dari Daihatsu.

Meski bagus atau tidaknya desain ini terserah selera masing-masing, kami merasa Daihatsu Sirion memberikan penyegaran yang signifikan terhadap kelas hatchback city car. Pesaingnya seperti Nissan March dan Honda Brio masih belum berubah. Semoga Sirion baru pangsa pasarnya lebih bergairah.

Lebih Kokoh dan Stabil

interior sirion baru

Perodua juga membuat Sirion 2018 bisa lebih kuat dan stabil. Penggunaan material high tensile steel diperbanyak hingga dua kali lipat pada mobil ini, dengan tambahan penguatan struktur pada beberapa titik yang dirasa perlu. Selain itu, kualitas NVH (Noise Vibration Harshness) juga meningkat berkat penggunaan peredam yang lebih baik, plus acoustic windshield yang mampu meredam suara yang datang dari depan.

Bagian kakinya dilengkapi suspensi baru, memiliki stabilizer bar lebih tebal dari sebelumnya. Hal ini berkontribusi terhadap pengendalian mobil yang, harusnya lebih stabil. Kestabilan dan kekokohan juga didukung oleh cross member (bagian palang melintang di ujung chassis) dengan desain baru.

Fitur Keselamatan Paling Lengkap

sirion CBU dari malaysia

Daihatsu Sirion lama hanya dibekali dua airbag untuk mendukung keselamatan berkendara. Namun pada mobil baru ini, Daihatsu (Perodua) membekalinya dengan fitur keselamatan aktif dan pasif yang lebih lengkap.

Sirion kini punya empat airbag di depan (depan dan di samping kursi). Belum lagi ada Vehicle Stability Control dan Traction Control sebagai peranti keselamatan aktif. Fitur-fitur ini menjadikan Daihatsu Sirion sebagai hatchback city car yang paling lengkap fitur keselamatannya dibanding pesaing. Untuk mengetahui fitur lainnya,

Have your say