Daihatsu Sirion 2018 Meluncur Bawa Mesin Toyota

Lama tidak terdengar, Daihatsu Sirion akhirnya segera berganti generasi. All New Daihatsu Sirion meluncur besok (13/02) di Jakarta, dengan harga perkiraan mulai dari Rp 172 jutaan. Hatchback ini bersaing langsung dengan Nissan March, Honda Brio (non-LCGC), dan sejenisnya. Dirakit di Malaysia, dengan mesin baru yang disediakan Toyota.

Desain Sirion 2018 persis sama seperti Perodua Myvi yang dibuat dan dipasarkan di Malaysia. Karena itu, hilang sudah bentuk Sirion lama yang membulat. Berganti desain yang lebih tegas dengan dimensi yang lebih besar, dan interior yang dikatakan lebih modern.

Daihatsu Sirion 2018 / Perodua Myvi

Pihak Astra Daihatsu Motor, APM (Agen Pemegang Merek) Daihatsu di Indonesia mengatakan, andalannya ini mengambil fitur yang tidak berbeda dengan Myvi. Karena itu, bisa diperkirakan sistem multimedia dengan layar sentuh, dengan kemampuan konektivitas bluetooth, USB dan sebagainya.

Ada juga tombol start stop di beberapa varian, dan mungkin, sistem idling stop. Fitur yang terakhir itu menghemat bahan bakar karena setelah mobil berhenti beberapa detik, mesinnya mati dan hidup kembali saat pedal gas diinjak atau pedal rem diangkat.

Perodua Myvi / Daihatsu Sirion 2018

Karena dimensinya juga membesar dibanding sebelumnya, maka bisa diharapkan Daihatsu Sirion punya ruang kabin yang lebih luas. Kalau merujuk pada spesifikasi Perodua Myvi, maka bagasinya punya kapasitas hingga 277 liter. Joknya bisa diatur sedemikian rupa. Selain menampung lima orang, bisa juga memiliki delapan konfigurasi yang berbeda untuk beragam keperluan angkut.

Di balik kap mesin, ADM belum memberikan bocoran seperti apa spesifikasinya. Diperkirakan, kapasitas silinder tetap 1,3 liter. Ini karena Myvi punya varian dengan mesin itu. Bedanya, kini menggunakan mesin baru dari Toyota dengan kode 1NR-VE, menggantikan K3. Mesin 1NR-VE sudah dilengkapi teknologi pengaturan katup Dual VVT-I, yang membuat konsumsi bahan bakar semakin irit dan performa naik. Merunut spesifikasi Myvi 1.3, tenaganya mencapai 95 PS.

Daihatsu Sirion 2018 / Perodua Myvi

Have your say